RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Kesulitan dalam menyusun RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ialah problem yang seringkali dihadapi dalam kehidupan pembelajaran para guru. Banyaknya hambatan dalam penyusunan ini mengakibatkan guru menjadi malas. Malas dalam arti kata malas menyusun RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, seorang guru itu diharuskan dan diwajibkan untuk menyusun RPP dan perangkat pembelajaran lainnya.
RPP sebuah kata-kata singkat yang sederhana, Pada RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 inilah rencana pembelajaran guru tertuang. Guru dalam pembelajarannya yang sudah niscaya mempunyai tujuan-tujuan yang disebut tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan bersenjatakan RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, kalau RPP dapat dianalogikan sebagai senjata, apa balasannya guru berperang tanpa memakai senjata?
Baca Juga:
- Silabus Tematik Terpadu Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Jadwal Tematik Kelas 1,2,3,4,5, dan 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019
- Jurnal Harian Tematik Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Mengingat pentingnya tugas RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang menciptakan guru malas dalam menyusun RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ? Jawaban dari pertanyaan di atas sudah berang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.
Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul saat hendak menyusunnya. Sebenarnya ini ialah alasan klasik, alasannya pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan aneka macam aktivitas sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku kini ialah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun kini akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.
Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat gampang kalau dikerjakan dengan santunan komputer maupun laptop. Bayangkan saja kalau RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini dapat dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.
Untuk membantu meringkankan kesulitan para rekan guru dalam menyusun RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai materi rekomendasi dan contoh para rekan guru dalam menyusun RPP dan perangkat pembelajaran .