-->

Rpp Matematika Kelas X Sma/Ma Kurikulum 2013 Revisi 2017

 diubahsuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor  RPP Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan biar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan antara SKL, KI, KD, pembelajaran, penilaian, dan buku teks.Perbaikan tersebut pada tahun 2017 diubahsuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 perihal Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK ialah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat abjad penerima didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]).

PPK mengedepankan lima nilai utama abjad yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, bahu-membahu dan integritas. Penguatan lima nilai abjad tersebut akan sanggup mendorong penerima didik untuk mempunyai keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, menyerupai keterampilan berpikir kritis dan pemecahan problem (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).

Baca Juga:

RPP Sosiologi Kelas X Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
RPP Bahasa Jepang Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
RPP Bahasa Mandarin Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
RPP Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017


Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan menurut prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut.

1. Keselarasan (Alignment)
Antara dokumen SKL, KI, KD, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi, lingkup materi, nilai-nilai karakter,,
lietrasi, dan keterampilan Abad 21 lainnya.
2. Praktis Dipelajari (Learnable)
Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD gampang dipelajari oleh penerima didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
3. Praktis Diajarkan (Teachable)
Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD gampang diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya berguru penerima didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik
kompetensi, dan sumber berguru yang ada di lingkungan, sehingga sanggup menguatkan abjad dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada penerima didik.
4. Terukur (Measurable)
Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang gampang dirumuskan dan layak dilaksanakan.
5. Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt)
Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi penerima didik sebagai bekal kehidupan.

Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diharapkan beberapa pola simpel yang dibutuhkan guru untuk sanggup mengimplementasikan Kurikulum 2013 menyerupai RPP Matematika Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017dengan sempurna yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya, selain it, Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka Direktorat PSMA menyusun Modul Pelatihan Guru yang berisi petunjuk atau panduan,contoh simpel untuk setiap mata pelajaran serta uraian kiprah yang harus dikerjakan oleh penerima pelatihan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini aku berikan RPP Matematika Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai materi rekomendasi dalam penyusunan RPP, dengan impian sanggup membantu guru dalam menyebarkan rencana dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. 


LihatTutupKomentar