-->

Silabus Matematika Kelas Vi Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD  Silabus Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


Selamat Bertemu kembali Sahabat K13 zaman Now, kali ini saya akan membuatkan mengenai Silabus Matematika Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 sesuai dengan Permendikbud No 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD (SD)

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, ialah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab,santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Baca Juga:

Silabus Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 
Silabus Matematika Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 
Silabus Tematik Kelas 4 SD Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Tematik Terpadu Kelas 1, 2 ,3, 4, 5, dan 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 

3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan daerah bermain


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas VI SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai berikut.

3.1 Menjelaskan bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan)
4.1 Menggunakan konsep bilangan bundar negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif
4.2 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi
4.3 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam aneka macam bentuk sesuai urutan operasi
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menuntaskan masalah
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
3.7 Menjelaskan bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.7 Mengidentifikasi bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data
4.8 Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian persoalan
LihatTutupKomentar