-->

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Seperti kurikulum mata pelajaran lainnya Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 Seperti kurikulum mata pelajaran lainnya, merupakan bab dari Kurikulum 2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi Dasar (KD). KD yang dirumuskan yaitu KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan KI-3 dan KI-4. Kompetensi perilaku yang tercantum dalam rumusan KI-1 dan KI- 2 tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam Kompetensi Dasar alasannya yaitu kompetensi perilaku dikembangkan secara tidak pribadi dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajarannya. Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien,tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan pola bagi guru dalam melakukan pembelajaran bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini guru diperlukan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad siswa lebih lanjut.
Untuk mendapat file silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan unduh file nya di pada halaman yang sudah kami sediakan di bawah ini


Demikian yang sanggup kami berikan semoga Silabus Sejarah Indonesia Kelas 12 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini sanggup bermanfaat.

Baca juga:
Silabus Sejarah Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
Silabus Geografi Kelas X, XI dan XII Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 revisi 2017
RPP Seni Budaya Seni Musik Kelas X Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Silabus Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
LihatTutupKomentar