-->

Rpp Bahasa Indonesia Kelas Ix Smp/Mts Revisi 2017

 menurut rasaingin tahunya perihal ilmu pengetahuan RPP Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Teks Laporan Percobaan
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (6 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)

3.1 Mengidentifikasi isu dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1. Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.2. Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan mulut dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian Teks Laporan
3.1.2 Menganalisis Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
3.1.1 Menganalisis Struktur teks Laporan
3.1.2 Menjelaskan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
3.1.3 Menganalisis struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1.1 Membuat kesimpulan tujuan , bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.2.1. Membuat laporan bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan mulut dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan pertama
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan mampu:
Menjelaskan Pengertian teks laporan Percobaan
Memahami Fungsi teks laporan percobaan
Pertemuan kedua
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Menjelaskan Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
Penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi secara Berkelompok
Pertemuan ketiga
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi secara Mandiri
Pertemuan keempat
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Menganalisis Struktur teks Laporan
Pertemuan kelima
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Menjelaskan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
Pertemuan keenam
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik diharapkan:
Membuat kesimpulan tujuan , bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Contoh Teks Laporan
b. Konsep
Pengertian teks laporan Percobaan
c. Prinsip
Struktur teks laporan percobaan
d. Prosedur
Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi secara Mandiri dan secara berkelompok
2. Materi pembelajaran remedial
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
3. Materi pembelajaran pengayaan
Peserta didik diminta menciptakan teks laporan hasil pengamatan secara objektif,informatif dan komunikatif.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kamus besar bahasa Indonesia
4. Internet
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
 Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menawarkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                  Guru Mata Pelajaran

…………………………………       …………………………….
NIP/NRK.                                           NIP/NRK.


Baca Juga :




LihatTutupKomentar