-->

Resep: Kue Jongkong yang Enak Banget!

Bosen dengan hidangan yang itu-itu aja? Yuk coba resep kue jongkong ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Makanan kue jongkong ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Kue Jongkong

Kebanyakan orang takut mulai memasak kue jongkong karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin terasa nikmat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan kue jongkong hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kue jongkong!

Untuk menghidangkan Kue Jongkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil of gula merah (saya pakai gula aren).
  2. Dibutuhkan of gula pasir (tambahan dari saya).
  3. Siapkan of Bahan adonan hijau :.
  4. Diperlukan of santan.
  5. Gunakan of air suji.
  6. Diperlukan of tepung beras.
  7. Ambil of tepung sagu.
  8. Gunakan of garam.
  9. Gunakan of gula pasir.
  10. Dibutuhkan of Bahan adonan putih :.
  11. Diperlukan of santan.
  12. Siapkan of tepung beras.
  13. Ambil of tepung sagu.
  14. Diperlukan of garam.
  15. Diperlukan of gula pasir.
  16. Diperlukan of Bahan lainnya :.
  17. Siapkan of daun pisang / wadah tahan panas.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Proses memasak Kue Jongkong:

  1. Siapkan air daun suji, saya blender 10 lembar daun suji dn 2 lembar daun pandan dengan 100 ml air. Siapkan juga takir daun, saya takir daun seperti takir daun khas kue jojorong khas banten..
  2. Adonan hijau : campur semua bahan, aduk rata lalu masak hingga sampai mengental saja..
  3. Adonan putih : campur semua bahan, masak sampai adonan mengental saja..
  4. Siapkan gula merah yang sudah disisir. Beri gula merah dan gula pasir disetiap takir daun, lalu diatas gula beri adonan hijau setinggi 3/4 dari tinggi daun..
  5. Lalu terakhir beri adonan putih hingga penuh, lalu panaskan kukusan, jika air dalam kukusan sudah mendidih, kukus kue selama 10 menit..
  6. Ini kue jongkong jika menggunakan wadah tahan panas..
Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat kue jongkong hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar