-->

Resep: Gethuk Jongkong a.k.a Gethuk Hitam Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia masak gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam yang nikmat? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam terbaik! Satu lagi menu makanan yang bisa bikin meja makan semakin meriah - gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Gethuk Jongkong a.k.a Gethuk Hitam

Banyak orang sudah minder duluan gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat menghidangkan gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam yuk!

Untuk menyiapkan Gethuk Jongkong a.k.a Gethuk Hitam, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 200 gr of tepung beras.
  2. Siapkan 1 sdt of Vanili.
  3. Siapkan 1/2 sdm of garam.
  4. Siapkan 600 ml of Santan, Me pake 2sachet santan Instan @65ml.
  5. Siapkan 5 sdm of gula pasir.
  6. Ambil 1/2 buah of kelapa muda, parut panjang.
  7. Gunakan 4-5 sdm of abu merang, dari 1genggam penuh Batang padi kering.
  8. Diperlukan 1 of daun pandan.
  9. Gunakan of MInyak untuk olesan loyang.

Cara menyiapkan Gethuk Jongkong a.k.a Gethuk Hitam:

  1. Bakar Merang/Batang Padi, Taruh dalam wadah besar. Kemudian hancurkan.
  2. Ayak Abu merang untuk mendapatkan serbuk Charcoal halus. Sisihkan kira2 mendapatkan 4-5sdm..
  3. Masak Santan, Gula Pasir dan garam. Tambahkan abu merang, aduk2 sehingga abu tercampur rata dengan santan, pastikan berubah warna abu tua atau kehitam2an. Jika sudah mendidih angkat dan sisihkan..
  4. Siapkan Tepung Beras dalam wadah, tambah vanili, aduk2 dengan spatula. Masukkan santan kedalamnya pelan2 sambil diaduk2 agar tidak menggerindil..
  5. Bila sudah yakin tidak menggerindil, masukkan semua santan kedalamnya..
  6. Siapkan Loyang segiempat ukuran 18cm, olesi dengan minyak. Masukkan adonan kedalamnya. Lalu kukus dengan menggunakan api sedang 45-50 menit agar bagian dalam gethuk nanti bener2 tanak. Jangan lupa Tutup kukusan dengan menggunakan serbet, agar uap air tidak menetes kedalamnya. Angkat dan dinginkan. Lalu keluarkan gethuk dari loyang..
  7. Siapkan parutan kelapa muda. Campur Daun pandan dan kelapa muda dan sejumput garam, aduk sampai merata. kukus selama 10menit..
  8. Cara Penyajian, potong2 Gethuk Jongkong lalu taburi dengan parutan kelapa. bila suka manis bisa ditambah gula pasir diatasnya.

Selamat mencoba resep gethuk jongkong a.k.a gethuk hitam! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar