-->

Cara Gampang Membuat Pindang Patin khas Jambi Untuk Pemula!

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep pindang patin khas jambi ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! pindang patin khas jambi adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, saatnya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Pindang Patin khas Jambi

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan pindang patin khas jambi karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pindang patin khas jambi! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Tujuan utama selain mengenal tempat , daerah, orang , budaya ,juga KULINER. Nah, kalau di Jambi, tempoyak biasanya diolah bersama dengan ikan patin dengan cara direbus bersama dengan tambahan cabe rawit, kunyit, garam dan sedikit gula. Menu ini disebut tempoyak ikan patin.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menghidangkan pindang patin khas jambi hanya dengan menggunakan 26 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep pindang patin khas jambi!

Untuk membuat Pindang Patin khas Jambi, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 kg of ikan patin, potong.
  2. Ambil of Bumbu Inti, haluskan.
  3. Gunakan 1 cm of jahe.
  4. Gunakan 1 cm of laos.
  5. Gunakan 1 cm of kunyit.
  6. Gunakan 4 butir of miri sangrai.
  7. Siapkan 1/2 sdt of terasi matang.
  8. Ambil of Daun, sobek.
  9. Diperlukan 4 lbr of daun jeruk.
  10. Diperlukan 2 lbr of daun kunyit.
  11. Dibutuhkan 1 batang of sere.
  12. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  13. Sediakan 1 ikat of kemangi.
  14. Ambil 1 batang of daun bawang.
  15. Gunakan of Bawang, haluskan.
  16. Dibutuhkan 8 butir of bawang merah.
  17. Siapkan 4 butir of bawang putih.
  18. Sediakan of Bumbu Pelengkap.
  19. Siapkan 1/2 sdm of gula jawa.
  20. Dibutuhkan 1 buah of asam jawa.
  21. Ambil 4 buah of cabe rawit utuh.
  22. Sediakan Secukupnya of garam.
  23. Gunakan 5 sdm of minyak sayur.
  24. Gunakan 1 buah of tomat, iris.
  25. Ambil 1/2 buah of nanas, potong kecil.
  26. Ambil Secukupnya of air.

Perpaduan rasa antara tempoyak yang asam, ikan patin yang manis dan sedikit berlemak dan pedas dari cabai, menjadikan menu masakan ini sangat lezat. Ikan patin masak pindang, rasanya sangat menggugah selera makan, campuran aneka bumbu, tomat cherry atau cung kediro juga nanas membuat masakan ini terasa. Pindang ikan patin, sayuran ikan patin berkuah dengan bumbu iris khas Jambi. Pindang sendiri adalah makanan khas orang Melayu yang merupakan masakan lauk.

Langkah-langkah memasak Pindang Patin khas Jambi:

  1. Ikan dikucuri air jeruk nipis, diamkan 30 menit. Cuci. Goreng 1/2 matang, angkat. Tiriskan.
  2. Siapkan bahan.
  3. Tumis bumbu inti & daun (kecuali daun kemangi & bawang) sampai 1/2 matang. Masukkan bawang, lanjutkan menumis sampai harum baru masukkan terasi.
  4. Tambahkan air 1 gayung, daun bawang & asam jawa. Tutup. Biarkan mendidih.
  5. Masukkan tomat & ikan.
  6. Masukkan nanas & kemangi. Aduk-aduk sebentar saja. Cek rasa..
  7. Siap disajikan dengan sambal nanas.
  8. Ini foto pindang Meranjat di Resto terkenal Jambi. Disajikan dengan lalapan, Pete,mentimun juga sambal nanas. Tuh ada nanas terapung juga kemangi yg melimpah.
Hidangan ikan dari palembang yang juga lezat selain pempek adalah pindang patin. Sajian kuah berbumbu kuning ini menjadi favorit keluarga, karena tekstur daging ikan patin yang lembut tanpa serat semakin lezat dengan gurihnya kuah bumbu kuning. Makanan khas jambi terkenal akan enaknya dan selalu bikin rindu untuk mencicipinya kembali. Salah satu yang menjadi kuliner unggulan khas Jambi adalah tempoyak ikan patin. Satu lagi wisata kuliner di Jambi yang terkenal dengan masakan laut, yaitu Pondok Pindang Sarinande Jambi.

Mudah bukan membuat pindang patin khas jambi? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar