-->

Resep: Kue jongkong/iwel-iwel yang Enak Banget!

Coba resep kue jongkong/iwel-iwel sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! kue jongkong/iwel-iwel cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian perayaan hari besar.

Kue jongkong/iwel-iwel

Sebagian Besar orang tidak berani memasak kue jongkong/iwel-iwel karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong/iwel-iwel! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Hari ini Saya mencoba membuat jajanan tradisional yaitu iwel '' dari tepung beras ketan dan gula merah untuk isian nya Biasa ada. Cara Membuat Kue Iwel-Iwel - Kue ini adalah salah satu jenis kue basah yang berasal dari tanah Jawa. Panganan ini sangat tradisional yang telah Cara Membuat Kue Iwel-Iwel Lengkap.

Sobat dapat membuat kue jongkong/iwel-iwel hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue jongkong/iwel-iwel yuk!

Untuk membuat Kue jongkong/iwel-iwel, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of tepung ketan.
  2. Gunakan of kelapa parut.
  3. Gunakan of Garam.
  4. Ambil of Air.
  5. Ambil of Vanili(4pcs).
  6. Siapkan of Gula merah sisir secukupnya.
  7. Diperlukan of Daun pisang.
  8. Ambil of Lidi.

Proses pembuatan-nya berbahan dasar dari kelapa muda, kemudian di parut, tepung beras, gula merah. Konon kata iwel-iwel sendiri berasal dari potongan doa kepada orangtua 'rabbighfirli waliwalidayya' dengan maksud agar anak yang dilahirkan menjadi anak yang sholeh dan berbakti bagi kedua orangtuanya. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa kata iwel-iwel berasal dari kata kemiwel. Cake Recipes, Snack Recipes, Dessert Recipes, Cooking Recipes, Snacks, Indonesian Desserts, Indonesian Cuisine, Malay Food, Delicious Kue jongkong.

Langkah-langkah menyiapkan Kue jongkong/iwel-iwel:

  1. Kita siapkan wadah yang agak besar,supaya kita menggangsurnya mudah,ga kemana-mana tepungnya...
  2. Masukan tepung,garam,kelapa parut.kita gangsur semua hingga rata.kita campurr hinga tidak ada yang bergerindil..
  3. Jangan lupa cipratkan air sedikit demi sedikit.(ingat yaaa hanya diciprat,bukan disiram).tujuan mencipratkan air agar adonan lembab..
  4. Test adonan dengan perasaan..sudahkah adonan lembab?.jangan terlalu lembab apalagi benyek..
  5. Jika adonan sudah siap,,siapkan daun pisang.taruh adonan isi tengahnya dengan gula merah sisir.lalu bungkus.sematkan dengan lidi.lakukan sampai habis.
  6. Kukus -+ 25 menit.
Malaysian Dessert, Asian Cake, Traditional Cakes, Indonesian Food, Cake Cookies, Sweet Tooth, Bakery, Deserts, Pudding. Tiba-tiba aku kangen dengan makanan ini, dulu juga tidak sering menyantapnya karena hanya dibuat pada momen yang berkaitan dengan selamatan menyambut bayi, dari kehamilan sampai kelahirannya. Resep Membuat Kue Iwel Iwel Jawa Timur - Yuk kita membuat kue khas Jawa timur yaitu Iwel Iwel yang begitu enak dan lezat karena terbuat dari tepun ketan dan tepun beras yang dipadu dengan bahan bahan lainnya yaitu gula merah, kelapa muda dan lainnya. Makanya kue ini jarang dijual di pasar seperti jajanan lainnya.. Pandan - Kue Lumpur Kentang - Kue Putu Ayu - Kue Lapis - Kue Jongkong Tradisional - Bolu Kukus Mekar - Kue Gemblong - Kue Apem Nasi - Martabak Cenil - Kue Bugis - Kue Cucur - Kue Putu Aren Bambu - Kue Bapel Coklat - Iwel-Iwel - Kue Ku - Lemet - Kue Serabi Kinca - Kue Gandus.

Selamat mencoba resep kue jongkong/iwel-iwel! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar