-->

Resep: Pindang tempoyak ikan patin Anti Gagal!

Ingin tau rahasia membuat pindang tempoyak ikan patin yang nikmat? Gak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep pindang tempoyak ikan patin terbaik! pindang tempoyak ikan patin pas untuk disandingkan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

Pindang tempoyak ikan patin

Sebagian Besar orang malas mulai memasak pindang tempoyak ikan patin karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang tempoyak ikan patin! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Ikan Patin Masak Tempoyak Temerloh Tanpa Bawang PINDANG TEMPOYAK Ikan Patin khas Palembang. Khasiat Ikan Patin - Manfaat Ikan Patin, merupakan sekelompok ikan yang berkumis termasuk dalam genus Pangasius.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menyiapkan pindang tempoyak ikan patin hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pindang tempoyak ikan patin yuk!

Untuk menghidangkan Pindang tempoyak ikan patin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ikan patin.
  2. Sediakan 1 liter of air.
  3. Diperlukan 1/2 sdt of garam.
  4. Ambil 5 lembar of daun salam.
  5. Gunakan 10 lembar of daun kemangi.
  6. Gunakan 1 sdt of gula pasir.
  7. Diperlukan 1 tangkai of serai.
  8. Sediakan 30 gr of gula merah.
  9. Ambil 3 buah of belimbing wuluh.
  10. Ambil 2 sendok makan of tempoyak durian.
  11. Diperlukan 3 buah of terung hijau (optional).
  12. Gunakan of Bumbu halus.
  13. Sediakan 1/4 sdt of garam.
  14. Diperlukan 3 cm of laos/lengkuas.
  15. Gunakan 8 buah of cabai merah.
  16. Dibutuhkan 4 siung of bawang merah.
  17. Ambil 4 siung of bawang putih.

Kelompok ikan ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Berdasarkan jenis pakannya, ikan ini digolongkan sebagai jenis ikan omnivora atau pemakan segala. Walaupun ikan patin selalunya dihidangkan sebagai gulai tempoyak, ikan patin juga enak apabila digoreng sehingga rangup. Pada dasarnya ikan patin adalah hewan yang aktif pada malam hari, omnivor dan terkadang muncul ke permukaan.

Proses memasak Pindang tempoyak ikan patin:

  1. Panaskan air sampai mendidih..
  2. Siapkan ikan patin yang sudah di bersihkan dan potong sesuai selera, saya potong seperti di foto.
  3. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan diatas untuk dihaluskan.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai dan daun salam.
  5. Masukkan hasil tumisan bumbu halus kedalam air yang sudah mendidih, tambahkan gula merah, gula, garam dan aduk rata.
  6. Kemudian masukkan belimbing wuluh yang telah di potong2, terung hijau yang cuma saya belah 1/4, daun kemangi, dan ikan patinnya. Kemudian tambahkan tempoyak.
  7. Masak selama 5 menit dengan api sedang atau sampai ikan sudah matang dan berubah warna kekuningan, jangan terlalu lama ya nanti ikannya hancur.
  8. Yaaps pindang tempoyak ikan patin sudah siap disantap, happy cooking dan jangan lupa recooknya jika mencoba resep ini :).
Untuk membuat umpan patin yang sederhana Ikan patin termasuk kedalam famili Pangasiidae. Yaitu kelompok ikan yang mempunyai kumis atau biasa di beri nama catfish. Masakan khas Palembang berupa tempoyak ikan patin yang bercita rasa manis dan pedas. Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal atau durian monthong (kurang bagus karena terlalu banyak mengandung gas dan air). Ikan patin banyak ditemukan di Palembang.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pindang tempoyak ikan patin. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar