-->

Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)

Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan. Bahkan banyak sekali aplikasi edit video di hp sudah dilengkapi dengan berbagai macam alat dan efek canggih yang kualitasnya hampir menyaingi efek yang ada di program edit video versi PC. Dan yang bikin asyik adalah semuanya tinggal di terapkan tanpa harus belajar bagaimana cara membuatnya.

Sebut saja seperti aplikasi edit video like, videoshow, video.me, Kwai Go yang memiliki unggulan efek 3D yang sangat mengagumkan. Semua hasilnya bisa di dapat dengan instan dan mudah. kebanyakan saat ini aplikasi edit video memiliki tiga tahapan dasar yaitu. 1, Rekam 2. Edit 3. Share.

Jika sobat adalah seorang Vlogger / youtuber tentu aplikasi semacam ini merupakan aplikasi yang wajib dimiliki seperti halnya pak tani dengan cangkulnya. hehe..

Aplikasi edit video lainnya seperti Vivavideo, Kinemaster dan lain sebagainya juga tidak kalah keren karena memiliki tool lengkap untuk menunjang aktifitas pengolahan video untuk berbagai macam format video seperti format video 3gp, Mp4, avi dan lain sebagainya.

Untuk mengedit video via hp android membutuhkan aplikasi edit video android terbaik dan kalau bisa yang ada versi gratisnya karena sebenarnya tidak ada yang benar-benar gratis. oleh sebab itu ada beberapa rekomendasi aplikasi edit video yang bisa sobat gunakan dan sobat instal ke smartphone android milik sobat.

Baca juga :
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
11 Aplikasi Edit Video iOS ( Iphone / Ipad ) Gratis Terbaik Terbaru

  1. VivaVideo
    Penggunanya sudah mencapai ratusan juta orang. Aplikasi edit video ini juga menjadi trend bagi mereka yang suka dunia editing via smartphone, banyak ini juga banyak di pakai pengguna sosial media ketika mereka merekam atau mengedit video. Salah satu alasan mengapa banyak pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini adalah toolnya yang lengkap, dengan di beragam efek-efek keren yang bisa di unduh dan mudah digunakan oleh siapa saja. 

  2. Download aplikasi edit video Vivavideo

  3. Videoshow
    Aplikasi pesaing Vivavideo, sobat akan menemukan tool yang tak kalah lengkap dengan tool yang dimiliki Vivavideo. dan pada sesi ini kita akan mencoba mengedit video menggunakan aplikasi videshow. Silahkan download aplikasinya lewat link di bawah ini.

  4. Download aplikasi edit video Videoshow

  5. KineMaster
    Aplikasi ini memiliki interface yang unik. Sekilas mirip dengan tampilan game. Sebagian dari pengguna kine master menyukai nya karena tampilan yang berbeda dari aplikasi edit video pada umumnya. Salah satu kelebihan dari aplikasi Kinemaster ini adalah multilayer dimana sobat bisa mengedit video dengan tampilan ganda sehingga mengedit video jadi lebih mudah dan lebih bebas.

  6. Download aplikasi edit video Kinemaster

  7. Video Editor Music,Cut,No Crop
    Aplikasi ini juga tak kalah ngetrend dengan aplikasi terbaik android lainnya. Di sana akan sobat jumpai video control untuk memperlambat / mempercepat gerak video, efek dan peralatan seperti Video Trimmer & Video Cutter untuk memisah ataupun menggabungkan video.

  8. Download aplikasi edit Video Editor Music,Cut,No Crop

  9. Aplikasi Like Magic
    Suka dengan efek magis, tenaga dalam, ledakan, cahaya yang berkilau, hujan meteor.. Like adalah pilihan yang tepat untuk itu. Selain sebagai aplikasi edit video like juga berguna sebagai sosial media. Bagi penggemar video full efek keren layaknya film bioskop saya rasa like ini patut sobat jadikan rujukan. 

  10. Aplikasi aplikasi edit video Like Magic

  11. Dan lain sebagainya.. 
Lihat juga : 
Download Aplikasi Facebook / FB Lite Terbaru 2021
Cara Membuat Video Dari Foto di Hp Android (Full Musik, Teks, Efek Keren)


Nah, sebagai contoh disini saya akan mencoba mengedit video dengan salah satu aplikasi edit video android di atas. Sebagai contoh latihan editing, Saya memilih Videoshow karena aplikasi tersebut memiliki tool lengkap dan terdapat versi gratisnya selain itu Videoshow juga memiliki userexperience yang bagus.

Teknik editing video itu persis seperti teknik pada perbaikan motor karena terdapat banyak sekali tahapan / cara-cara yang bisa di pelajari. Disini saya hanya memberikan 2 contoh teknik saja yaitu bagaimana cara trim dan split video. Sedangkan untuk teknik-teknik edit video lainnya saya akan coba bahas pada kesempatan berikutnya. atau mungkin sobat bisa bereksplorasi sendiri.. hehe.


Cara edit video di Hp dengan Trim (Memotong) dan Split (memisah) video pada aplikasi videoshow


Trim dan Split video adalah teknik mengolah video dimana video di hapus pada bagian tertentu. Misalkan sobat menemukan adegan yang tidak di inginkan pada rekaman video, sobat bisa menghilangkan bagian tersebut dengan sangat baik.

Trim dan Split ini merupakan salah satu tool yang harus ada karena seperti kita ketahui Sangat sulit rasanya membuat film yang sempurna tanpa harus mengedit / memotong bagian video karena biasanya ada bagian-bagian video yang sebaiknya di buang.

Okey.. mari kita coba bagaimana cara mengedit video dengan teknik Trim dan Split dengan menggunakan aplikasi Videoshow..


  1. Setelah sobat menginstal salah satu aplikasi video bernama Videoshow, selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut. Pertama kali sobat akan menjumpai tampilan kurang lebih seperti gambar berikut ini. Untuk edit video silahkan sentuh "Edit Video"
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


  2. Pilih  file video yang ingin sobat edit, biasanya format video yang support dengan videoshow akan tampil secara otamatis pada bagian select clips "video". Sedangkan file video yang support dengan videoshow ini meliputi format-format terpopuler seperti 3Gp, MP4 dan lain sebagainya.  Jika Videoshow (aplikasi edit video sejenisnya) tidak mendeteksi (tidak menampilkan) video pada bagian select clips, kemungkinan file video tidak/belum di dukung. Salah satu solusinya adalah dengan mengconvert/mengubah format video tersebut menjadi Mp4 atau 3gp terlebih dahulu.

    Silahkan pilih sebanyak 1 atau 2 video atau seterusnya. Jika clip video sudah di pilih, Klik "Next".
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


  3. Karena sobat sekarang ingin memotong video, Pada bagian ini, sobat bisa memilih "edit" kemudian di bagian bawahnya sentuh 'Clip Edit"
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


    Keterangan Gambar  

    1. Theme : Template yang bisa di terapkan ke dalam video
    2. Musik : Untuk mengganti suara pada video / menghilangkan suara asli video
    3. Edit : peralatan editing video seperti Clip edit, Subtitle, Effect, Watermark, Pixellete, Multi music, scroll teks dan lain sebagainya.
    4. Setting : Untuk mengaturaspect rasia, background video dan Music fade.


  4. Di dalam tool clip edit tersebut tersimpan berbagai macam peralatan seperti yang sobat lihat di pada gambar di bawah ini. Sedangkan jika sobat ingin memotong video disana tersedia 2 alat. Sobat bisa menggunakan 2 alat utama yaitu "split" dan "trim" tergantung bagaimana cara memotong video yang sobat inginkan. 
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)

    Keterangan pada gambar tool edit video di Videoshow :

    1. Play / preview fungsinya untuk melihat bagaimana hasil video nantinya. (pratinjau)
    2. Geser tombol ke kanan atau ke kiri untuk memajukan / memundurkan jalannya video
    3. Trim untuk memotong video, sedangkan split untuk memisahkan video.
    4. Zoom untuk memperbesar bagian tertentu pada video, rotate untuk memutar / membalikkan video, copy untuk mengkopi video, adjust mengatur efek warna video, speed untuk mengubah gerak video menjadi lebih cepat atau lebih lambat. dan Reverse membalikan arah video atau gerak mundur.
    5. Video thumbnail.
    6. Tanda Plus ( + ) biasanya di gunakan untuk menambah video / menggabungkan video 


  5. Alat "Trim" adalah alat yang di fungsikan untuk mengambil bagian dari video atau mengambil durasi tertentu pada video misalkan saja sobat memiliki video berdurasi 04:21 menit namun sobat hanya mengambil bagian video hanya pada menit ke 01:12 sampai 03:09 . sehingga selain bagian video yang sobat ambil tersebut akan hilang / terhapus.  Selengkapnya sobat bisa melihat keterangan pada gambar di bawah ini. 
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


    Keterangan pada gambar triming video di Videoshow :

    1. Tool ini akan memudahkan sobat mengambil / meng trim bagian video karena sobat bisa mengisikan durasi video dengan angka. alternatif jika sobat sulit melakukannya dengan menggunakan cara ke (5) / dengan menggeser.
    2. Ini adalah angka awal video yang akan di ambil.
    3. Total durasi video yang di ambil / triming
    4. Ke menit berapakah video yang di trim nanti akan berakhir. 
    5. Bagian untuk menggeser ke kanan atau ke kiri untuk mengambil bagian video yang di inginkan. 
    6. Oke untuk menyimpan hasil video yang di trim.


  6. Alat "Split" mungkin lebih "enak"  kalau spliting video itu di artikan dengan mencacah video. video yang awal mulanya satu bagian di cacah menjadi 2 bagian atau 3 bagian dan seterusnya. Split ini berbeda dengan trim. Split tidak menghapus bagian yang di potong melainkan hanya memisahkan saja. Split ini berguna agar kita bisa memisahkan / tidak bercampur editing video satu dengan bagian editing video lainnya.

    Mungkin lebih mudah lagi untuk memahami tentang pemahaman fungsi Split ini jika di ibaratkan video itu seperti sepotong daging, untuk menghasilkan 2 olahan yang berbeda kita harus mengirisnya menjadi 2 bagian. Mungkin yang satu  ingin di bakar dan satu nya lagi di goreng.. sama halnya dengan video, jika kita ingin satu video bisa memiliki 2 rasa yang berbeda kita harus memisahkan terlebih dahulu.. ya,,kira-kira begitulah.. hehe..

     
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


    Keterangan pada gambar Split video di Videoshow :

    1. Waktu start / awal video
    2. Berapa lama / durasi waktu video pertama yang nanti akan di split 
    3. Waktu titik Akhir video
    4. Silahkan geser gunting untuk menentukan di detik manakah video di split 
    5. "Oke" untuk menyimpan hasil video yang di split.


  7. Setelah video di split, video berubah menjadi 2 bagian, sobat bisa mengubah video mana yang di dahulukan dan mana yang di akhirkan dengan cara menyentuh video tersebut agak lama kemudian geser ke kanan (drag & Drop) untuk mendahulukan video atau ke kiri untuk mengakhirkan video. Sedangkan disana terdapat tanpa plus + untuk menambah video. 
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


  8. Selanjutnya adalah menyimpan video. Silahkan sentuh tanda centang yang ada di atas sebelah kanan. 
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)


  9. kemudian sentuh tanda centang lagi yang ada di pojok atas sebelah kanan.
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)
     


  10. Pilih "save to gallery" atau share ke sosial media seperti facebook, youtube, instagram, whatsapp langsung. Selanjutnya silahkan tunggu hingga proses converting selesai. 
    Saat ini mengedit video lewat smartphone sudah sangat memungkinkan Cara Edit Video di Hp Android Dg VideoShow (Fiturnya lengkap&Gratis)

Turorial di atas tadi hanyalah bagian kecil dari banyaknya tutorial tentang editing video. Untuk mempelajari teknik editing lainnya tentu saja masih banyak yang harus sobat praktekkan. Sobat bisa bereksplorasi lebih jauh lagi. semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi dengan tutorial editing video selanjutnya. terima kasih.
LihatTutupKomentar