-->

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-3

Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) bagian kedua (soal nomor 11-20), bagian ketiga berisikan materi yang sama dengan PG Bahasa Indonesia bagian kelima dan keenam, yaitu tentang "Teks Biografi".

Berikut, contoh soal essay B. Indonesia Kelas 10 semester genap beserta jawabannya bagian ke-3, dimulai dari soal nomor 21.

21. Jelaskan pengertian biografi berdasarkan kata dasarnya....
Jawaban: Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

22. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi....
Jawaban: 
a. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.
b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
c. Fakualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.

23. Siapa saja yang dapat diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat....
Jawaban: Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah, tokoh idola, dan 
Sebagainya.

24. Jelaskan tentang jenis-jenis biografi....
Jawaban: penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta peran pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

25. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi.....
Jawaban: Manfaat biografi yaitu dapat meneladani sikap dan perilaku tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.


26. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi.....
Jawaban: 
a. Bahan utama berupa benda-benda, seperti buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.
b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.

27. Sebutkan berbagai unsur kebahasaan yang aa dalam teks biografi....
Jawaban: Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.

28. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang....
Jawaban: untuk biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi berbagai informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

29. Mengapa saat ini penyajian biografi ditulis secara kronologis....
Jawaban: penyajian biografi saat ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan pristiwa yang dialaminya.

30. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi....
Jawaban: a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan peristiwa sebenarnya dilengkapi bukti yang akurat.
b. Memberikan gambaran utuh tentang kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.
c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa gabungan antara narasi dan deksripsi.
d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian cerita yang terpisah.

Lanjut ke soal nomor 31-40 => Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-4
LihatTutupKomentar