-->

Cara Menyiapkan Talam ketan ubi ungu Anti Ribet!

Jenuh sama makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep talam ketan ubi ungu ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! talam ketan ubi ungu pas untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

Talam ketan ubi ungu

Sebagian Besar orang takut mulai memasak talam ketan ubi ungu karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari talam ketan ubi ungu! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibuat tidak terasa datar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Karena aku suka Ubi Ungu.dan aneka olahan berbahan ubi ungu ini. Jadi semangat berkreasi aneka olahan ubi ungu lainnya dech. Sudah lama ingin buat ini tp skarang ini baru k'sampaian 😃 Cau Shi Lin.

Kalian dapat memasak talam ketan ubi ungu hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin talam ketan ubi ungu yuk!

Untuk menghidangkan Talam ketan ubi ungu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan ketan:.
  2. Dibutuhkan 200 gr of ketan putih.
  3. Ambil 200 ml of santan kental.
  4. Dibutuhkan 1 sdm of gula pasir.
  5. Sediakan 1 sdt of garam.
  6. Siapkan of Bahan ubi:.
  7. Ambil 200 gr of ubi ungu (kukus dan haluskan).
  8. Diperlukan 100 gr of gula pasir.
  9. Ambil 150 ml of santan kental.
  10. Siapkan 2 sdm of susu kental manis.
  11. Diperlukan 25 gr of tapioka.
  12. Gunakan 2 butir of telur.
  13. Diperlukan 1/2 sdt of garam.

Begitulah sedikit cerita dibalik Talam Ubi Ungu ini, dan akhirnya saya akan memakai tepung ketan putih untuk resep talam ini, untuk kedepannya 😍 😍 😘 Kesimpulannya, tidak semua kesalahan eksperimen akan berakhir dengan kekecewaan. Dari banyaknya jenis kue talam diatas, kue talam ubi lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Jenis ubi yang digunakan juga bervariasi, mulai dari ubi ungu, ubi merah, hingga ubi kuning. Saat ini yang cukup banyak diminati adalah talam ubi ungu.

Cara membuat Talam ketan ubi ungu:

  1. Masak bahan ketan, rebus dan diaduk pelan sampai matang dan air mengering lalu angkat, pindahkan ke dalam cetakan atau loyang (sesuai selera) ratakan dan padatkan (tinggi ketan setengah dr cetakan).
  2. Masak santan hingga mendidih sisihkan, siapkan wadah lain masukkan telur kocok2 sebentar lalu masukkan gula pasir, garam, tepung tapioka, dan susu aduk2 sampai rata kemudian masukan ubi yg sdh dihaluskan dan tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata tercampur, lalu saring adonan.
  3. Tuangkan adonan ubi diatas ketan dlm cetakan, kemudian kukus sktr 25-30 menit (tutup panci dilapisi kain agar uap air tidak menetes ke kue). Setelah matang angkat dan dinginkan, setelah dingin baru dilepas dari cetakan dan siap dihidangkan.
Kue talam ubi ungu memiliki rasa yang cukup khas dan lembut di lidah. Resep Kue Talam Pulut Ubi Ungu. Pernah ikutan kursus ketan srikaya sama Ci Achen Ny Liem, tapi belum pernah dipraktekin. Hari ini coba bikin dg modifikasi resep dan ditambah ubi ungu. Menurut keluarga yang ikutan nyicipin ketannya gurih dan lembut talam ubinya.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat talam ketan ubi ungu hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar