-->

Langkah Mudah Menghidangkan Soto Medan Anti Gagal!

Ingin tau rahasia bikin soto medan yang enak? Gak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep soto medan terbaik! Perkaya koleksi resepmu dengan soto medan! Hidangan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Soto Medan

Pada umumnya orang takut mulai memasak soto medan karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto medan! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Masih menggunakan daging ayam, bedanya kuah soto medan diberi santan, sehingga bakal terasa lebih kental dan pekat. Untuk bisa mencicipi kuliner nikmat satu ini, kamu gak perlu jauh-jauh terbang ke Medan dulu. Bedanya, kuah soto Medan ditambah santan.

Kawan-kawan dapat menghidangkan soto medan hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin soto medan yuk!

Untuk menyiapkan Soto Medan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 500 gr of ayam, direbus dengan 1 liter air.
  2. Ambil of Bumbu dihaluskan:.
  3. Gunakan 5 siung of bawang merah agak besar.
  4. Diperlukan 2 siung of bawang putih.
  5. Ambil 2 ruas jari of kunyit.
  6. Sediakan 2 ruas jari of jahe.
  7. Dibutuhkan 1 sdt of ketumbar, disangrai.
  8. Sediakan 3 of kemiri, disangrai.
  9. Gunakan 1/4 sdt of jinten, disangrai.
  10. Gunakan of Bumbu pelengkap :.
  11. Sediakan 1 batang of sereh agak besar, di geprek.
  12. Siapkan 2 helai of daun jeruk.
  13. Sediakan 1 bunga of lawang.
  14. Siapkan 2 butir of kapulaga.
  15. Diperlukan 1/4 sdt of merica bubuk.
  16. Diperlukan 1 sdt of garam.
  17. Gunakan 1/4 sdt of gula pasir.
  18. Siapkan Seujung sendok of kaldu bubuk/vetsin (boleh skip).
  19. Gunakan 65 ml of santan kara.
  20. Ambil of Bahan pelengkap :.
  21. Gunakan 2 genggam of tauge, rebus sebentar.
  22. Dibutuhkan 1 of lemon/jeruk nipis.
  23. Ambil of Sambel bawang rawit (lihat resep).

Soto Medan juga menggunakan pelengkap yang cukup beragam, yaitu ayam, perkedel kentang, tauge, emping, telur, dan bawang goreng. Anda yang ingin mencicipi soto Medan tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara sana. Berikut ini beberapa variasi resep yang bisa Anda praktikkan. Soto Medan, salah satu variasi soto dari kepulauan nusantara yang istimewa.

Cara menyiapkan Soto Medan:

  1. Rebus ayam yg telah dibersihkan dengan 1 l air hingga keluar minyaknya.
  2. Haluskan bumbu + bahan yg telah disangrai.
  3. Tumis hingga harum, masukkan semua bumbu pelengkap, lalu tuang ke dalam panci yg berisi ayam yg direbus tadi. Tambahkan santan cair dan masak hingga matang. Jangan lupa koreksi rasa yaa.
  4. Sajikan hangat dengan bahan2 pelengkap (tauge, jeruk nipis dan sambal). Lezat banget 😊.
Cirinya berkuah santan, berbumbu rempah komplit dan dengan topping yang digoreng sampai kering sebelum dicampur dengan kuah soto. Cara membuat soto medan: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Masak sebentar hingga ayam kaku, angkat. Rebus ayam dan tumisan bumbu bersama santan encer diatas api kecing hingga ayam lunak. Soto Medan menpunyai rasa gurih dari santan yang gurih dan manis.

Selamat mencoba resep soto medan! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar