-->

Rahasia Menyiapkan Kue Jongkong Anti Ribet!

Bosan dengan hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep kue jongkong ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! kue jongkong cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan pesta.

Kue Jongkong

Banyak orang takut mulai memasak kue jongkong karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat menghidangkan kue jongkong hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue jongkong yuk!

Untuk menyiapkan Kue Jongkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan gula :.
  2. Siapkan of Gula Jawa, disisir halus.
  3. Sediakan of Air.
  4. Ambil of Lapisan Hijau :.
  5. Ambil of Tepung beras.
  6. Dibutuhkan of Tepung tapioka.
  7. Dibutuhkan of Santan (me santan kara).
  8. Sediakan of Air pandan Suji (20 Lembar) blender dan saring.
  9. Sediakan of Gula pasir.
  10. Dibutuhkan of Garam.
  11. Diperlukan of Lapisan putih :.
  12. Ambil of Santan (me santan kara).
  13. Siapkan of Tepung beras.
  14. Siapkan of Tepung tapioka.
  15. Sediakan of Garam.
  16. Ambil of Gula pasir.
  17. Gunakan of daun pandan ikat simpul.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Proses membuat Kue Jongkong:

  1. Masak bahan gula sampai larut dan agak mengental, lalu sisihkan, bisa juga langsung taruh dicetakan/cup, kalau saya dipisah.
  2. Campurkan semua bahan lapisan Hijau, masak hingga matang dan kental sekali lalu panas2 tuang di atas loyang / cup.
  3. Campurkan semua bahan lapisan putih, masak hingga mengental seperti bubur sumsum, lalu panas tuang di atas lapisan hijau, untuk meratakan adonan gunakan sendok yg dibasahi dengan air.
  4. Tunggu dingin baru dihidangkan, bila ada lebih bisa disimpan di kulkas tambah enak, Selamat mencoba.
Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue jongkong. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar