-->

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan dan Subtema 2 Pekerjaan disekitarku dan Subtema 3 Pekerjaan Orangtuaku. Buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 5 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, 135. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1  

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 1

Amati gambar berikut.

 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

1. Apa yang mereka lakukan?
  • Mereka sedang menjenguk teman.
  • Memelihara dan mengamati alam dan lingkungan sekitar
  • Membantu teman membereskan tasnya.

  • 2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
    Perlakuan mereka sangat baik dan patut ditiru sebagai anak bangsa yang harus belajar berbuat kebaikan sejak dini sehingga menjadi terbiasa jika sudah dewasa nanti.

    3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
    Menjenguk teman yang sakit agar cepat sembuh dan tak sedih atau kesepian, memelihara dan mengamati lingkungan agar menambah keasrian dan pengetahuan kita, membantu teman yang kesusahan agar senang kembali.

    Ayo Membaca

    Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di  masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!

    Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

     Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

    Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

    Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani  tidak kekeringan pada musim kemarau.

     Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

    Raja Purnawarman juga berani memimpin  Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan.  Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

    Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 3, 4

    Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

    1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
  • Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat
  • Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya
  • Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut.

  • 2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
    Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

    3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang  dilakukan oleh Raja Purnawarman?
    Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

    4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika  Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?
    Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.

    5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban- jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut,dan menggunakan ejaan yang benar.
    Raja Purnawarman adalah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.

    Ayo Mengamati

    Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.

     Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 5

    Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?

    Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
    1.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

    Membangun armada laut yang kuat.

    Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.

    Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin

    2.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?

    Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaysia.

    Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam. Gigih, pemberani, rela berkorban.

    3.) Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?

    a. Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.

    b. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk

    c. Membela kehormatan bangsa dan negaranya.

    d. Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.

    e. Gigih, pemberani, rela berkorban

    4.)Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?

    1. Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.

    2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.

    3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 6

    Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

    Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.

    A. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

    Membangun armada laut yang kuat

    Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.

    Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda

    Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin.

    B. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?

    Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.

    Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.

    C. Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?

    Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.

    Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.

    Takala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 8

    Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya


    Percobaan 1
    Percobaan 2
    Percobaan 3
    Percobaan 4
    Nama
    percobaan
    Percobaan Cahaya Merambat Lurus
    Percobaan Cahaya
    Menembus Benda
    Bening
    Percobaan Cahaya Dapat Dipantulkan
    Percobaan Cahaya Dapat Dibiaskan
    Tujuan
    Percobaan
    Mengetahui cahaya dapat merambat Lurus
    Mengetahui Cahaya
    dapat menembus
    benda bening
    Mengetahui cahaya dapat dipantulkan
    Mengetahui cahaya dapaty dibiaskan
    Alat dan Bahan
    Tiga buah karton
    Sebuah lilin
    Korek api
    Isolasi

    Cermin datar
    Lampu senter
    Cermin datar
    Lampu senter
    Sebuah gelas berisi air
    Sebuah pensil
    Langkah Kerja
    Lubangi bagian tengah
    ketiga karton tersebut.
    Letakkan dengan posisi
    tiga  lubang tersebut sejajar
    dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang.
    Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.
    Percobaan menggunakan
    cahaya matahari/ cahaya
    senter,  gelas/benda-benda transparan/bening,
    benda-benda berwarna
    gelap, dan benda-benda
    bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar.
    Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih.
    Pantulkan cahaya
    senter menggunakan
    cermin. Coba
    berbagai posisi
    cermin yang
    berbeda dan gunakan lebih banyak cermin.
    Pensil setengah bagian
    panjanganya berada
    di dalam gelas berisi air. Amati pensil
    dari sisi samping luar gelas
    Hasil
    Pengamatan
    Cahaya  lilin/ senter
    dari depan  rangkaian
    kardus yang sudah
    diberi lobang sejajar cahaya dapat
    merambat lurus
    Cahaya senter yang
    melewati benda bening
    dapat terlihat sedangkan
    sebaliknya pada
    benda tidak bening seperti kardus cahaya
    tidak bisa menembus
    Cahaya senter yang
    diarahkan kecermin datar dapat memantul.
    Pensil yang dimasukan ke dalam air akan
    kelihatan bengkok

    Kesimpulan :
    Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.


    Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 yang kakak share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari
    LihatTutupKomentar