– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 Halaman , 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15 Semester I Kurikulum 2013 (K13). Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.
Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan. Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan Untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas. Catatlah komentar teman atau gurumu untuk perbaikan hasil kerja kelompokmu.
Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan hasilnya di depan kelas.
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.
Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?
Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 18, 19, 20, 21, 29, 30
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com
Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.
Pawai Budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan. Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan Untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 3
Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?
Paragraf 1 terdapat topik bahwa warga kampung babakan tidak sabar akan melihat pawai tersebut yang akan diadakan di alun-alun desa
.Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas. Catatlah komentar teman atau gurumu untuk perbaikan hasil kerja kelompokmu.
Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan hasilnya di depan kelas.
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 4, 5, 6
Kunci Jawaban Tematik Halaman 8
Ayo Berlatih
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Kami berasal dari beberapa daerah yang berbeda
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
Ya, ciri khas daerah kami berbeda-beda setiap daerah
3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Saling menghormati dan menghargai. Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugrah dari tuhan yang pautut kita syukuri
Kunci Jawaban Tematik Halaman 9
Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 11
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!Kunci Jawaban Tematik Halaman 12
Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
Kunci Jawaban Tematik Halaman 14
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?
Sudah enak didengar ? karena kami sudah berlatih dengan rutin untuk membuat nada nya menjadi indah seperti yang kami inginkan
Kunci Jawaban Tematik Halaman 15
Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi? Mengikuti irama musik
Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Dengan cara saling bergantiandan bekerjasama untuk menciptakan nada atau irama yang harmonis (Enak didengar)
Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 18, 19, 20, 21, 29, 30
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 14, 15 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com