-->

Langkah Mudah Menghidangkan Kue jongkong alaqu Kekinian

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep kue jongkong alaqu ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! kue jongkong alaqu pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Kue jongkong alaqu

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan kue jongkong alaqu karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue jongkong alaqu! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia.

Kawan-kawan dapat membuat kue jongkong alaqu hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue jongkong alaqu yuk!

Untuk menyiapkan Kue jongkong alaqu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Bahan bubur ijo.
  2. Gunakan of tepung beras.
  3. Gunakan of tepung tapioka.
  4. Siapkan of air pandan dan suji (masing2 10lbr daun pandan dan d suji diblender).
  5. Gunakan of santan dari 65 ml santan instan diencerkan dg air kelapa (lebih enak jika menggunakan santan dr 1/2 kelapa segar).
  6. Sediakan of gula pasir.
  7. Dibutuhkan of garam.
  8. Dibutuhkan of Bubur putih.
  9. Sediakan of tepung beras.
  10. Gunakan of tepung tapioka.
  11. Siapkan of santan dari 200 santan instan diencerkan dg air kelapa muda (lebih wangi dan gurih jika menggunakan santan asli dr 1 kelapa segar).
  12. Ambil of air kelapa muda.
  13. Ambil of garam.
  14. Dibutuhkan of daun pandan.
  15. Siapkan of Bahan lain.
  16. Dibutuhkan of gula merah disisir halus.
  17. Gunakan of kelapa muda berdaging tebal dipisah air dan dagingnya.
  18. Gunakan of daun yg lebar utk membungkus jongkong.

Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur. Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba.

Cara memasak Kue jongkong alaqu:

  1. Campur bahan untuk bubur ijo, kmd masak dengan api kecil dan terus diaduk hingga meletup-letup dan licin kmd matikan apinya dan sisihkan.
  2. Campur bahan untuk bubur putih, kmd masak dengan api kecil dan teris diaduk hingga meletup-letup dan licin, kmd matikan apinya dan sisihkan.
  3. Siapkan daun 2 lapis yg cukup lebar kemudian berturut2 ambil gula merah, bubur ijo, kelapa muda dan bubur putih. Bungkus dengan cara “tum”, lakukan hingga bahan adonan habis (me : 10 bks krn daun terbatas).
  4. Kukus selama 20 - 30 menit, angkat dan siap dihidangkan, lebih enak dalam keadaan dingin.
Ini adalah resep kue Jongkong yang asli. Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum. Resep Kue Jongkong Tradisional Khas Bangka Hallo spradik, divideo. Salah satunya, Kue Jongkong yang kerap dijadikan pelengkap berbuka puasa di bulan ramadhan. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue jongkong alaqu. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar