-->

Resep: Jongkong khas Bangka Belitung Anti Ribet!

Bosen dengan makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep jongkong khas bangka belitung ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! jongkong khas bangka belitung, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Jongkong khas Bangka Belitung

Banyak orang takut mulai memasak jongkong khas bangka belitung karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari jongkong khas bangka belitung! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat memasak jongkong khas bangka belitung hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin jongkong khas bangka belitung yuk!

Untuk menghidangkan Jongkong khas Bangka Belitung, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan A / Lapis 1 (Air Gula).
  2. Ambil of gula merah, iris tipis.
  3. Diperlukan of gula pasir.
  4. Ambil of air.
  5. Gunakan of Bahan B / Lapis 2 (Sum-Sum Hijau Pandan).
  6. Gunakan of air + 10 lbr pandan & 4 lbr suji, blender saring ambil air.
  7. Siapkan of tepung beras.
  8. Siapkan of tepung sagu / 15 gr.
  9. Siapkan of santan kental.
  10. Dibutuhkan of garam.
  11. Sediakan of gula.
  12. Diperlukan of Bahan C / Lapisan 3 (Bubur Sum-Sum Putih).
  13. Siapkan of santan kental.
  14. Diperlukan of air.
  15. Ambil of tepung beras.
  16. Gunakan of tepung sagu.
  17. Sediakan of garam.
  18. Gunakan of gula.
  19. Diperlukan of vanili ekstrak (boleh skip).
  20. Sediakan of Cup agar untuk wadah.

Cara menyiapkan Jongkong khas Bangka Belitung:

  1. Siapkan cup agar-agar sebanyak 20 buah.
  2. Masukkan semua bahan A ke dalam panci, masak hingga gula mendidih dan mengental. Angkat dan tuangkan ke dalam cup agar yang sudah disiapkan. Takaran 2 sdm.
  3. Masukkan semua bahan B ke dalam wajan, aduk hingga larut. Nyalakan kompor, lalu masak dengan api kecil hingga tekstur menjadi seperti adonan. Kemudian tuang ke dalam wadah yang sudah terisi gula merah tadi sebanyak 3 sdm atau bisa dikira-kira..
  4. Masukkan semua bahan C, aduk hingga rata & tidak bergerindil. Nyalakan kompor, masak dengan api kecil sambik terus diaduk hingga kental & meletup-letup. Angkat dan tuangkan ke dalam cetakan yang sudah diisi adonan hijau tadi. Dinginkan lalu tutup dengan tutup mika..
  5. Ini yah penampakannya. Bisa disimpan di lemari es biar lebih mantep. Selamat mencoba moms.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat jongkong khas bangka belitung. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar