-->

Kebutuhan Primer: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Kebutuhan Primer: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer - Apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer? Pembahasan tentang kebutuhan banyak ditemukan dalam mata pelajaran Ekonomi. Materi ini biasanya akan dipelajari pada semester-semester awal pembelajaran. Materi tentang kebutuhan menjadi penting karena berkaitan dengan manusia, yakni seputar hal-hal yang dibutuhkan oleh manusia. Seperti yang umum dipahami bahwa makhluk bernama manusia, mempunyai kebutuhan-kebutuhan tertentu yang diperlukan untuk menjalani kehidupannya. Satu segi dari kebutuhan manusia yang akan kami bahas disini, yaitu berkaitan dengan kebutuhan primer atau pokok. Untuk membantu pemahaman, kami juga akan memberikan beberapa contoh dari kebutuhan primer, selamat membaca.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

 Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer  Kebutuhan Primer: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Pengertian Kebutuhan Primer

Dalam teori tentang kebutuhan, ada satu jenis kebutuhan manusia yang bersifat pokok dan mendesak. Kebutuhan ini disebut dengan kebutuhan primer. Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang tidak dapat ditawar dan wajib dipenuhi. Kebutuhan primer merupakan tuntutan secara alamiah yang harus dipenuhi. Manusia akan berusaha sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan primer. Artinya bila kebutuhan ini tidak terpenuhi manusia akan mengalami kesulitan. Itulah sebabnya mengapa sehingga kebutuhan ini disebut juga dengan kebutuhan dasar manusia.

Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer adalah kebutuhan makanan dan minuman, kebututuhan pakaian, dan kebutuhan tempat tinggal.

Kebutuhan makanan dan minuman

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman. Demikian pula, manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Apabila kebutuhan ini tak terpenuhi, kelangsung hidup manusia dapat terancam.

Kebutuhan Pakaian

Pakaian mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia. Pakaian digunakan untuk menutupi tubuh dari serangan penyakit, menjaga kestabilan suhu tubuh, dan untuk menambah keindahan penampilan.

Kebutuhan tempat tinggal

Bagi manusia, tempat tinggal akan membuat manusia terlindungi dari sengatan matahari, hujan, angin, hewan, dan bahaya lainnya. Selain ketiga kebutuhan tersebut, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka kebutuhan primer bertambah dengan adanya kebutuhan pendidikan dan kesehatan.

Sekian uraian tentang Kebutuhan Primer: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar