-->

Resep: Kue jongkong Kekinian

Ingin tau rahasia membuat kue jongkong yang enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep kue jongkong terbaik! Hadirkan kue jongkong untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kue jongkong

Banyak orang takut mulai memasak kue jongkong karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat terasa nikmat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat membuat kue jongkong hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin kue jongkong yuk!

Untuk menyiapkan Kue jongkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of tepung beras.
  2. Siapkan of tepung beras.
  3. Siapkan of sagu.
  4. Dibutuhkan of sagu.
  5. Gunakan of santan (dari 1/2 bh kelapa parut).
  6. Sediakan of santan (dari 1/2 bh kelapa parut).
  7. Dibutuhkan of gula.
  8. Diperlukan of gula.
  9. Diperlukan of garam.
  10. Sediakan of garam.
  11. Gunakan of gula merah.
  12. Gunakan of pewarna pandan.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Proses membuat Kue jongkong:

  1. Sisir halus gula merah, lalu masukkan gula merah ke dalam wadah wadah kecil, sisihkan.
  2. Semua bahan yg sama,1 bagian untuk warna hijau, 1 bagian lagi tetap warna putih, campur 1 bagian untuk warna hijau tambahkan pewarna pandan,aduk rata sampai tidak bergerindil, hidupkan kompor dengan api yg sangat kecil aduk aduk 5 menit hati hati jangan sampai gosong bila sudah kental dan jadi adonan matikan,.
  3. Masukkan setengah adonan hijau di wadah yg sudah ada gula merah,sisihkan.
  4. Campur 1 bagian untuk warna putih, lakukan seperti adonan hijau, tuang adonan putih diatas adonan hijau, kukus 10 menit.
  5. Setelah matang, dinginkan jongkong, jongkong lembut manis nan wangi siap dinikmati.
  6. Sebagian jongkong saya kukus pake gelas air mineral yg penyajian nya menggunakan air gula merah yg disiramkan di jongkong.
Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue jongkong. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar