-->

Resep: Wajik ketan gula aren🌾 Anti Ribet!

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Yuk coba resep wajik ketan gula aren🌾 ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! wajik ketan gula aren🌾 cocok untuk disandingkan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Wajik ketan gula aren🌾

Banyak orang sudah menyerah duluan wajik ketan gula aren🌾 karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari wajik ketan gula aren🌾! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Wajik ketan merupakan camilan manis yang sering disajikan di acara hajatan. Yuk simak resep wajik ketan gula merah khas Jawa tersebut di sini. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya.

Sobat dapat membuat wajik ketan gula aren🌾 hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin wajik ketan gula aren🌾 yuk!

Untuk menghidangkan Wajik ketan gula aren🌾, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 200 gr of beras ketan.
  2. Siapkan 200 ml of santan kara.
  3. Ambil 2 sdm of gula pasir.
  4. Sediakan 1/4 sdt of garam.
  5. Dibutuhkan 1 lembar of daun pandan.
  6. Ambil of Daun jeruk sy skip sy ganti minyak kelapa.
  7. Ambil 100 ml of air.

Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna. Wajik ketan terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula merah atau gula Jawa Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah walaupun ada juga yang membuatnya dengan gula Jawa atau gula pasir.

Cara memasak Wajik ketan gula aren🌾:

  1. Siapkan bahan cuci bersih ketan,lalu kukus slm 30 menit smp keket,angkat ketan, aron dlm air smp mengembang aduk2 sisihkan...
  2. Rebus santan,gula aren,gulpas,garam,pandan smp mendidih,ambil daun pandannya masukan ketan yg sdh diaron,masak smp tanak dgn api kecil spy tdk gosong,tambahkan minyak kelapa aduk2 smp sat..
  3. Jika sdh tanak & gula meresap angkat,cetak biarkan dingin lalu potong2 sesuai selera..
Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda. Bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apakah ketan hitam juga bisa dibuat wajik, jawabannya pasti iya karena beras ketan hitam. Bahan utama kue wajik gula merah adalah beras ketan putih dan gula merah. Dengan demikian untuk menghasilkan rasa kue wajik yang enak dan legit tentunya harus menggunakan bahan yang berkualitas baik. Dan satu lagi cara membuatnya harus sesuai dengan petunjuk yang benar, sebab.

Mudah bukan membuat wajik ketan gula aren🌾? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar