-->

Rahasia Memasak Kue Talam Pulut Ubi Ungu Untuk Pemula!

Perlu sajian praktis untuk hari ini? Resep kue talam pulut ubi ungu ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Satu lagi hidangan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - kue talam pulut ubi ungu! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Kue Talam Pulut Ubi Ungu

Kebanyakan orang malas mulai memasak kue talam pulut ubi ungu karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue talam pulut ubi ungu! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kue talam ubi ungu memiliki rasa yang cukup khas dan lembut di lidah. Rasa lembut dan nikmat tersebut terbalut dengan gurihnya air santan kepala kental. Camilan inipun bisa Anda jadikan sebagai santapan saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta.

Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat memasak kue talam pulut ubi ungu hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue talam pulut ubi ungu yuk!

Untuk membuat Kue Talam Pulut Ubi Ungu, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan A:.
  2. Ambil 350 gr of ketan putih, cuci bersih rendam semalam.
  3. Dibutuhkan 200 cc of santan kekentalan sedang.
  4. Sediakan 50 cc of santan kental.
  5. Dibutuhkan 1 sdt of garam.
  6. Dibutuhkan 1 sdm of gula pasir (saya skip).
  7. Sediakan 2 lbr of daun pandan simpulkan.
  8. Diperlukan 3 lbr of daun jeruk.
  9. Diperlukan of Bahan B:.
  10. Siapkan 5 sdm of tepung tapioka.
  11. Dibutuhkan 1 sdm of tepung beras.
  12. Gunakan 200 gr of ubi ungu kukus.
  13. Siapkan 5 sdm of gula pasir.
  14. Dibutuhkan 400 ml of santan kekentalan sedang (jangan keenceran).

Cara membuat kue talam ubi ungu atau ubi merah kali ini menggunakan bahan berupa ubi ungu sebagai bahan pembuatnya. Kue talam adlaah jenis kue tradisional seperti ini mungkin sudah cukup jarang yang membuatnya, padahal rasanya sangat enak dan empuk sekali. Oles cetakan kue talam dengan minyak goreng tipis-tipis. Dalam wadah, campur tepung tapioka dan tepung beras.

Langkah-langkah membuat Kue Talam Pulut Ubi Ungu:

  1. Ketan yang sudah direndam semalam ditiriskan, kukus 30 menit sampai matang. Semua bahan A (kecuali ketan) dicampur rata direbus sampai mendidih, tuang ke ketan yang sudah dikukus, campur rata, tutup wadahnya dan diamkan 15 menit..
  2. Siapkan cetakan kue talam (cucing) atau loyang, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis. Tata adonan di dalam cucing atau loyang sepertiga bagian, tekan-tekan agar padat. Kukus ketan 20 menit..
  3. Bahan B campur rata dengan menggunakan whisker sampai gula larut. Kemudian saring agar hasilnya bersih dari serabut ubi ungu.
  4. Tuang adonan B ke ketan yang sudah dikukus sampai 1/3 cetakan/loyang. Note: Jadi harusnya masih ada ruang di atasnya, dan ketika dikukus adonan talam akan mengembang dan kalau masih ada ruang tidak luber jadi nanti hasilnya masih cantik pinggirannya tetap rata gak kaya kue saya yang pinggirannya bergerigi karena ngisi cetakan sampai penuh-penuh😭 setelah dingin adonan kue talam akan turun lagi (set)..
  5. Kukus lagi 30 menit sampai matang..
  6. Setelah matang, biarkan dingin dulu agar set kuenya, baru dikeluarkan dari cetakan. Kalau gak sabar kuenya bisa grompel-grompel...😆 Siap disajikan.... Yummehhh.....
Lihat juga resep Kue Talam Ubi Kuning enak lainnya. Helooo.kali ini saya membuat kue talam ubi ungu,bahannya mudah ditemui bikinnya mudah dan hasilnya:manisnya pas,kenyalnya dapat daaan gurihnya pun pas😊pokoknya legit dan manis😁 #CABEKU #bamasakjosantan #JadiRajinBebikinan. Kue Lumpang Ubi Ungu - Kue lumpang merupakan salah satu jenis makanan camilan tradisional Indonesia yang biasanya dijual di pasar tradisional. Hari libur enaknya membuat kue talam ubi ungu. Kue Talam kukus merupakan salah satu makanan tadisional khas nusantara.

Mudah bukan membuat kue talam pulut ubi ungu? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar