-->

Resep: Kue Soes/Sus Vla Coklat (Tanpa DCC) yang Bikin Ngiler!

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hidangan kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc) ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Kue Soes/Sus Vla Coklat (Tanpa DCC)

Banyak orang sudah minder duluan kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar makanan yang dibikin terasa enak. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Nama Kue soes/kue sus sebenarnya berasal dari kata Choux Pastry (dibaca: su Pestri). Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi.

Kawan-kawan dapat membuat kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc) hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc)!

Untuk menyiapkan Kue Soes/Sus Vla Coklat (Tanpa DCC), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan kulit:.
  2. Dibutuhkan 4 btr of telur ayam.
  3. Sediakan 125 gr of margarin.
  4. Gunakan 150 gr of tepung terigu protein sedang.
  5. Diperlukan 1/4 sdt of garam.
  6. Dibutuhkan 250 ml of air.
  7. Dibutuhkan of Bahan vla coklat:.
  8. Ambil 450 ml of susu cair.
  9. Ambil 60 gr of tepung maizena.
  10. Gunakan 80 gr of gula pasir.
  11. Sediakan 2 btr of kuning telur, kocok lepas.
  12. Sediakan 1/4 sdt of garam.
  13. Siapkan 1 sdt of vanili bubuk (saya ganti dengan 1 sdm coklat bubuk).
  14. Diperlukan 1 sachet of Drink Beng-Beng (tambahan saya).

Umumnya kue sus yang juga disebut soes dalam bahasa Belanda dan choux a la creme dalam bahasa Prancis ini seringkali digunakan untuk isian snack box, sajian arisan, ulang tahun, khajatan dan juga camilan di rumah yang special. Rasanya yang manis dari vla atau custard dan kulitnya yang. Kue sus atau soes dalam bahasa Belanda ini, ternyata aslinya berasal dari Prancis. Di sana, kue ini disebut dengan nama choux à la crème.

Cara menyiapkan Kue Soes/Sus Vla Coklat (Tanpa DCC):

  1. Siapkan bahan-bahan. Timbang bahan sesuai resep. Siapkan loyang, oles dengan margarin atau alasi kertas roti..
  2. Membuat kulit Soes: siapkan panci. Masukkan margarin, garam dan air. Masak sampai margarin larut dan airnya mendidih sambil diaduk. Setelah air mendidih matikan api kompor lalu masukkan tepung terigu. Aduk cepat dan rata. Nyalakan kembali api kompor, aduk sampai adonan menjadi kalis. Setelah itu matikan api kompor. Pindahkan adonan ke dalam wadah/mangkuk. Biarkan adonan menjadi hangat.
  3. Setelah suhu adonan hangat, masukkan telur satu-persatu. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Beri jeda untuk menambahkan telur berikutnya. Mulai panaskan oven, sesuaikan oven masing-masing..
  4. Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan ke dalam piping bag yang diberi spuit. Lalu semprotkan adonan di atas loyang..
  5. Panggang adonan dalam oven sampai matang atau selama 40 menit, sampai buih-buihnya hilang. Saya pakai oven tangkring selama 60 menit. Jangan buka oven selama memanggang ya.
  6. Setelah kue matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Saya jadi 28 pcs ukuran sedang. (Di foto tidak lengkap).
  7. Membuat bahan vla: siapkan panci, masukkan susu cair, coklat bubuk, Drink Beng Beng (kalau pakai), tepung maizena, gula pasir dan garam, aduk rata. Ambil sedikit susu cair yang sudah dicampur tadi lalu tuang ke dalam kocokan telur, aduk rata..
  8. Masak susu cair yang sudah dicampur dengan tepung maizena dan gula pasir lalu tuang kocokan telur. Masak sambil diaduk sampai adonan vla mengental dan meletup-letup. Setelah itu angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk. Tutup dengan plastik wrap sampai menyentuh permukaan vla, supaya permukaan vla tidak berkulit. Dinginkan terlebih dahulu. Saya masukkan ke dalam kulkas supaya tambah enak..
  9. Penyelesaian: ambil kulit sus, gunting bagian sisi depan (jangan putus). Masukkan vla ke dalam piping bag supaya mudah mengisi vla ke dalam kulit sus. Lalu semprotkan vla ke dalam kulit sus. Setelah semua terisi vla, sajikan Kue soes vla cokelat untuk teman minum teh/kopi.
Berbeda seperti adonan kue-kue lainnya, adonan kue sus dibuat dengan cara direbus, yakni merebus air dengan margarin atau mentega sampai mendidih. Kue sus merupakan kue klasik asal Eropa yang masuk dalam golongan pastry. Adonan kue sus diolah dengan menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air yang dimasak dengan mentega hingga mendidih dan ditambahkan telur satu per satu. Kini, ada inovasi baru kue sus kering. Resep sus kering rasa coklat sudah hadir dan siap Anda coba.

Mudah bukan membuat kue soes/sus vla coklat (tanpa dcc)? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar