-->

Rahasia Memasak Kue Balapis Khas Manado Anti Gagal!

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep kue balapis khas manado ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! Hadirkan kue balapis khas manado untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kue Balapis Khas Manado

Banyak orang takut mulai memasak kue balapis khas manado karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue balapis khas manado! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Sedikit berbeda tekstur dari beberapa lapis yang pernah saya bikin sebelumnya. Campur gula pasir, tepung terigu, vanili, dan garam, aduk rata. Selain kaya tempat wisata, Manado juga kaya akan penganan kuenya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menyiapkan kue balapis khas manado hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kue balapis khas manado!

Untuk membuat Kue Balapis Khas Manado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 500 gram of tepung terigu.
  2. Gunakan 450 gram of gula pasir.
  3. Sediakan 1800 ml of santan sedang.
  4. Gunakan of (600 ml kara + 1200 ml air).
  5. Dibutuhkan 1/4 sdt of garam.
  6. Diperlukan 2 sdm of cokelat bubuk.
  7. Siapkan 1 sdm of pasta pandan.
  8. Sediakan 2 of kuning telur.

Kue-kue khas Manado memiliki bentuk dan cita rasa yang khas. Kamu pasti bakal suka dan ketagihan bila nanti mencoba kue-kue dari ibu kota Sulawesi Utara ini. Diberi nama Balapis karena bentuknya yang berlapis-lapis. Balapis tak sekadar kue bertekstur lembut yang berlapis.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Balapis Khas Manado:

  1. Siapkan bahan. Campur bahan kering, aduk sampai tercampur. Masukkan santan sedikit demi sedikit, aduk.
  2. Saring. Siapkan 2 kuning telur, kocok sebentar dengan garpu lalu tambahkan 1 centong sayur adonan, aduk sampai tercampur rata. Masukkan telur ini ke adonan dan aduk sampai tercampur rata..
  3. Cairkan cokelat bubuk dengan 2 cendong adonan. Adonan dibagi 2. Satu bagian untuk warna hijau. Satu bagian lagi untuk warna cokelat. Masukkan cokelat bubuk yang sudah dicairkan ke dalam satu bagian adonan lalu aduk. Nah yang satu bagian lagi campurkan dengan pasta pandan.
  4. Siapkan loyang 20 x 20, alasi dengan plastik dan oles pinggir loyang dengan minyak. Masukkan loyang ke dalam kukusan dan biarkan 5 menit. Tuang adonan 3 centong sayur lalu kukus selama 8 menit dengan api kecil. Setelah 8 menit tuang lagi lapidan hijau sebanyak 3 centong nasi. Kukus selama 8 menit. Demikian seterusnya sampai adonan habis.
  5. Untuk lapisan terakhir, kukus selama 35 menit. Setelah matang, dinginkan dan biarkan masih di dalam loyang. Lalu masuk kulkas. Diamkan sampai dingin. Baru kita potong2. Tara.........ini dia balapis kue lapis khas Manado.
Di Manado, Balapis selalu dihidangkan dalam acara-acara yang bersifat ucapan syukur. Kue Balapis Manado Instagram by @doudytatipang.. Kue khas Manado ini juga cocok dijadikan buah tangan karena saat ini sudah dikemas dengan kemasan yang modern dan mudah untuk dibawa. Papare terbuat dari daging ikan yang disajikan dengan cara unik. Balapis merupakan kue lapis khas Manado yg memiliki tekstur lembut dan padat.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue balapis khas manado. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar