-->

Resep: Soto Medan Anti Ribet!

Ingin tau rahasia memasak soto medan yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep soto medan terbaik! soto medan, hidangan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Soto Medan

Kebanyakan orang sudah minder duluan soto medan karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto medan! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Masih menggunakan daging ayam, bedanya kuah soto medan diberi santan, sehingga bakal terasa lebih kental dan pekat. Untuk bisa mencicipi kuliner nikmat satu ini, kamu gak perlu jauh-jauh terbang ke Medan dulu. Bedanya, kuah soto Medan ditambah santan.

Teman-teman dapat menyiapkan soto medan hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep soto medan!

Untuk menghidangkan Soto Medan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of Ayam kampung dipotong 8.
  2. Siapkan 15 siung of Bawang merah.
  3. Siapkan 7 siung of Bawang putih.
  4. Sediakan 1/2 sm of ketumbar.
  5. Diperlukan 1 st of Merica.
  6. Gunakan 1 ruas of Kunyit.
  7. Dibutuhkan 4 butir of Kemiri.
  8. Ambil 1 ruas of Lengkuas.
  9. Diperlukan 1 batang of Serai.
  10. Dibutuhkan of Kapulaga Pekak.
  11. Gunakan of Daun jeruk.
  12. Ambil of Daun salam/bawang &.
  13. Dibutuhkan of Daun seledri.
  14. Sediakan 1 of Santan dr kelapa.
  15. Sediakan of Pelengkap:.
  16. Siapkan of Perkedel kentang daging sapi.
  17. Sediakan of Telur ayam.
  18. Sediakan of Kol.
  19. Dibutuhkan of Tauge.
  20. Sediakan of Soun.
  21. Diperlukan of Kerupuk emping..
  22. Dibutuhkan of Jeruk nipis.

Soto Medan juga menggunakan pelengkap yang cukup beragam, yaitu ayam, perkedel kentang, tauge, emping, telur, dan bawang goreng. Anda yang ingin mencicipi soto Medan tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara sana. Berikut ini beberapa variasi resep yang bisa Anda praktikkan. Soto Medan, salah satu variasi soto dari kepulauan nusantara yang istimewa.

Langkah-langkah menghidangkan Soto Medan:

  1. Bersihkan ayam, lumuri dgn garam dan jeruk nipis, diamkan.
  2. Semua bumbu dihaluskan kecuali serai & lengkuas dikeprak, kapulaga, daun salam dan daun jeruk Lalu bumbu halus ditumis sampai wangi, masukkan serai/lengkuas/daun salam dan daun jeruk dan kapulaga.
  3. Setelah wangi dan matang masukkan ayam sampai setengah matang. Masukkan santan, aduk jangan sampai pecah. Tambahkan garam, seledri utuh.
  4. Setelah hampir matang, angkat ayam lalu goreng sebentar, kemudian suir2 Kuahnya lanjut terus dididihkan sampai matang, koreksi rasa. Kalau sdh ok, tambahkan daun bawang dan seledri yg dipotong2 halus.
  5. Tata pendamping di atas mangkok, lalu siram dengan kuah kaldu. Tambahkan sambel dan bawang merah goreng Siap dimakan.
  6. Oh ya, sambelnya aku suka yg simpel saja. Kemirinya digoreng sebentar, cabe rawit ijo n merah direbus. Haluskan dan tambahkan garam. Selamat memasak😍😍 Sejujurnya, kl aku sendiri gak suka ayamnya digoreng, aku senang makan dagingnya tanpa disuir2 n tanpa digoreng. Tp kr ini utk jualan dan ketring, ya hrs disuwir2πŸ˜ƒπŸ˜ƒ.
Cirinya berkuah santan, berbumbu rempah komplit dan dengan topping yang digoreng sampai kering sebelum dicampur dengan kuah soto. Cara membuat soto medan: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Masak sebentar hingga ayam kaku, angkat. Rebus ayam dan tumisan bumbu bersama santan encer diatas api kecing hingga ayam lunak. Soto Medan menpunyai rasa gurih dari santan yang gurih dan manis.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat soto medan. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar