-->

Cara Gampang Memasak Kue jongkong gula terpisah Anti Gagal!

Coba resep kue jongkong gula terpisah sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan kue jongkong gula terpisah untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kue jongkong gula terpisah

Banyak orang malas mulai memasak kue jongkong gula terpisah karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong gula terpisah! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

Kamu dapat memasak kue jongkong gula terpisah hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kue jongkong gula terpisah!

Untuk membuat Kue jongkong gula terpisah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Adonan hijau.
  2. Diperlukan of tepung beras.
  3. Ambil of tepung sagu.
  4. Gunakan of santan kental.
  5. Ambil of air.
  6. Diperlukan of daun suji tua.
  7. Ambil of gula dan garam.
  8. Gunakan of Adonan putih.
  9. Dibutuhkan of tepung beras.
  10. Dibutuhkan of tepung sagu.
  11. Dibutuhkan of santan.
  12. Dibutuhkan of gula dan garam.
  13. Ambil of Saus gula merah.
  14. Sediakan of gula merah.
  15. Siapkan of air.
  16. Siapkan of daun pandan.
  17. Diperlukan of garam.

Kue jongkong terkenal di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Sumatra dan Melayu. Kue ini kalo di Bangka namanya kue Jongkong dengan rasa pandan dan santan serta gula merah yang khas banget. Lihat juga resep Kue jongkong khas bangka enak lainnya. "Saya menyebutnya kue jongkong. Itu karena bentuknya seperti jongkong atau sampan.

Cara memasak Kue jongkong gula terpisah:

  1. Blender daun suji dengan sedikit air agar warna hijaunya bagus.Campurkan ke adonan hijau.
  2. Campur bahan adonan hijau aduk rata,lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk,jika terlalu kental bisa ditambahkan air.sisihkan,dinginkan.
  3. Campur bahan adonan putih,aduk rata,lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk,jika terlalu kental bisa ditambahkan air.sisihkan dinginkan.
  4. Rebus gula,daun pandan dan garam dengan sedikit air,agar kental gulanya tidak encer.Berasa ketika dimakan.
  5. Siapkan cup es cream,tata adonan hijau,lalu adonan putih menggunakan sendok saja ketuk2 agar adonan rata..
  6. Beri potongan daun suji,dengan gula merah terpisah.Selesai..kue jongkong siap dijual.Selamat mencoba semoga enak dan laris dijual ya bund.Oiya bisa untuk tajil berbuka puasa sore ini...
Dengan rasa manis dan harum daun pandan. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan dan gula. Dimasak didalam daun pandan berdaun lebar dengan bentuk seperti sampan. Ini adalah resep kue Jongkong yang asli. Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat kue jongkong gula terpisah. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar