-->

Cara Gampang Membuat Jongkong khas Bangka Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia masak jongkong khas bangka yang nikmat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep jongkong khas bangka terbaik! Makanan jongkong khas bangka ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Jongkong khas Bangka

Kebanyakan orang takut mulai memasak jongkong khas bangka karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jongkong khas bangka! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Bangka Belitung memiliki ✅ kue khas yang enak dan terkenal yaitu kue jongkong. Makanan khas Bangka Belitung pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kue Jongkong. Kue asal khas Pulau Bangka ini menjadi salah satu kuliner yang menambah daftar kekayaan kuliner unik.

Sobat dapat menyiapkan jongkong khas bangka hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin jongkong khas bangka yuk!

Untuk menyiapkan Jongkong khas Bangka, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Lapisan Coklat.
  2. Sediakan of gula jawa.
  3. Dibutuhkan of air.
  4. Ambil of daun pandan.
  5. Sediakan of Lapisan Putih.
  6. Sediakan of santal kental.
  7. Ambil of air.
  8. Siapkan of tepung beras.
  9. Dibutuhkan of tepung sagu.
  10. Dibutuhkan of garam.
  11. Diperlukan of gula pasir.
  12. Ambil of daun pandan.
  13. Siapkan of Lapisan Hijau.
  14. Diperlukan of santan kental.
  15. Siapkan of air jus daun pandan.
  16. Gunakan of tepung beras.
  17. Siapkan of tepung sagu.
  18. Gunakan of garam.
  19. Siapkan of gula pasir.

Resep Kue Jongkong Khas Bangka asli yang sebenarnya, tanpa mixer cuma diaduk, paling enak dan lezat. Kue jongkong ? tidak selalu harus hijau dibawah, ujar Jennie @jenniefoe pada akun instagramnya. Kue jongkong khas bangka hanya diaduk tanpa mixer cocok untuk buka puasa. Resep Kue Jongkong Khas Bangka yang Enak Banget Mirip Bubur Sumsum.

Proses menyiapkan Jongkong khas Bangka:

  1. Buat lapisan coklat : sisir gula jawa, masukkan ke dalam panci tuang air, masukkan daun pandan. Nyalakan api, masak hingga cair. Tuang dengan disaring, sisihkan..
  2. Buat lapisan putih : masukkan santan kental dan air ke dalam panci, masukkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula, daun pandan, kemudian masak diatas kompor dengan api sedang. Sambil diaduk hingga licin. Lalu angkat, sisihkan..
  3. Buat lapisan hijau : masukkan santan kental dan air jus daun pandan ke dalam panci, masukkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula, kemudian masak diatas kompor dengan api sedang. Sambil diaduk hingga licin. Lalu angkat, sisihkan..
  4. Siapkan mangkok atau gelas saji, tuang lapisan coklat 1 sdm,kemudian lapisan putih 2sdm, terakhir lapisan hijau 2sdm. Hias dengan potongan daun pandan..
  5. Jongkong khas Bangka siap disajikan dan dinikmati.
Danb salah satu makanan khas Bangka belitung adalah kue jongkong. Kue jongkong ini merupakan makanan enak yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Kue Jongkong Khas Bangka Hanya Diaduk Tanpa Mixer Cocok Untuk Buka Puasa. Lihat juga resep Mie Belitong (Bangka Belitung) enak lainnya. Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung.

Mudah bukan membuat jongkong khas bangka? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

LihatTutupKomentar