-->

Rahasia Menyiapkan Kue Balapis/Kue Lapis Untuk Pemula!

Coba resep kue balapis/kue lapis sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! kue balapis/kue lapis salah satu hidangan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Kue Balapis/Kue Lapis

Banyak orang tidak berani memasak kue balapis/kue lapis karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue balapis/kue lapis! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Kue lapis ini sudah lama masuk to do list saya. Kue lapis beras dengan lapisan lebih tebal dan selalu berwarna hijau-cokelat. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal yang biasanya memiliki warna yang menarik dan berbeda yang disusun dengan berlapis.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menghidangkan kue balapis/kue lapis hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 15 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep kue balapis/kue lapis!

Untuk menyiapkan Kue Balapis/Kue Lapis, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Pasta dan pewarna pandan:.
  2. Ambil 12 lbr of Daun Pandan wangi.
  3. Diperlukan 20 lbr of Daun Pandan Suji.
  4. Dibutuhkan of (me : daun pandan wangi uk. Sedang 15 lbr).
  5. Dibutuhkan 100 ml of air.
  6. Ambil of Adonan balapis :.
  7. Ambil 500 gr of Tepung terigu.
  8. Siapkan 400 gr of Gula pasir.
  9. Gunakan 1/2 sdt of Garam.
  10. Sediakan 1800 ml of santan dari 2 butir kelapa.
  11. Dibutuhkan of (me : 4pack kara 65ml dilarutkan dg air hingga 1800ml).
  12. Sediakan of Pasta coklat :.
  13. Gunakan 100 ml of dari santan untuk adonan.
  14. Sediakan 50 gr of coklat bubuk.
  15. Sediakan of Tambahan :.
  16. Siapkan Secukupnya of minyak untuk olesan loyang.

Kue Balapis yang arti katanya kue yang berlapis-lapis. Kue lapis Menado berbeda dengan kue Lapis dari daerah lain. Perbedaannya di warna lapis yang hanya berwarna Hijau, Putih Susu dan Coklat. Disclaimer: This is not a cake for the faint-hearted, not for those who are watching their weight and worrying about their waist/hip Hence, Lapis Legit is a pretty expensive delicacy, but a good Lapis Legit is definitely worth every single penny (and every single mouthful of fat!) Kue lapis Surabaya sering kita jumpai di toko roti kue dan pasar.

Proses menghidangkan Kue Balapis/Kue Lapis:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Iris-iris daun pandan, kemudian blender dengan 100 ml air. Setelah halus, saring. Ambil 125ml, sisihkan.
  3. Larutkan bubuk cokelat dengan santan, sisihkan.
  4. Dalam wadah besar, campurkan tepung terigu, gula dan garam hingga rata.
  5. Tuang 1700ml santan dalam campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk dengan whisk hingga licin dan tidak bergerindil.
  6. Bagi 2 adonan sama banyak.
  7. Beri satu adonan dengan air pandan aduk rata.
  8. Satu adonan lagi, beri larutan coklat aduk rata.
  9. Panaskan kukusan hingga beruap banyak (menggunakan api sedang), jangan lupa lapisi dengan lap bersih bagian tutup nya agar air tidak menetes.
  10. Tuang 150 ml adonan cokelat pada loyang 20x20x7 cm yang sudah dioles minyak. (me : menggunakan ukuran sendok sayur). Masukkan dalam kukusan. Kukus - /+ 5 menit/hingga permukaan mulai mengeras.
  11. Tuang adonan hijau dengan jumlah yang sama, kukus kembali - /+ 5 menit/hingga permukaan mulai mengeras..
  12. Lakukan langkah 10 dan 11 hingga adonan habis. Terakhir kukus selama 30-45 menit hingga adonan benar-benar matang dan tanak agar tidak mudah basi.
  13. Angkat, lalu biarkan dingin.
  14. Biarkan benar-benar dingin baru boleh di keluarkan dari loyang dan dipotong menggunakan pisau plastik.
  15. Tralala... Siap dihabiskan. Kalau aku cara makannya selapis demi selapis. Kalau kamu? 🤭.
Kue lapis yang menjadi favorit masyarakat Indonesia ini, sering menjadi suguhan Masyarakat Pontianak, Kalimantan Barat, memiliki kue lapis Prunes yang jadi kudapan andalan saat lebaran. Kue lapis Prunes ini, banyak diburu. Kue lapis menjadi makanan yang disukai karena memang rasanya yang enak tak heran jika peminatnya juga sangat tinggi. Kini ibu-ibu rumah tangga menjadikan ini sebagai peluang usaha mereka. Nah bagi kamu yang tertarik dan suka dengan kue lapis, dari pada beli.

Selamat mencoba resep kue balapis/kue lapis! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

LihatTutupKomentar