-->

Rahasia Menghidangkan Kue Jongkong Untuk Pemula!

Jenuh dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Mari coba resep kue jongkong ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! kue jongkong adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Kue Jongkong

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan kue jongkong karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa lezat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat menyiapkan kue jongkong hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue jongkong yuk!

Untuk memasak Kue Jongkong, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of BAHAN GULA :.
  2. Siapkan of gula merah disisir halus (aku sesuai selera aja).
  3. Dibutuhkan of gula pasir (aku skip).
  4. Ambil of BAHAN HIJAU :.
  5. Dibutuhkan of tepung sagu/ tapioka.
  6. Dibutuhkan of tepung beras.
  7. Gunakan of gula pasir.
  8. Dibutuhkan of garam.
  9. Dibutuhkan of daun pandan disimpul.
  10. Sediakan of air pandan suji (kalau tidak pakai, diganti santan).
  11. Diperlukan of santan encer.
  12. Dibutuhkan of Pasta pandan (optional).
  13. Dibutuhkan of air kapur sirih (saya skip).
  14. Dibutuhkan of BAHAN PUTIH :.
  15. Diperlukan of tepung sagu/tapioka.
  16. Sediakan of tepung beras.
  17. Dibutuhkan of garam.
  18. Gunakan of gula pasir.
  19. Siapkan of santan kental.
  20. Siapkan of daun pandan disimpul.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Langkah-langkah memasak Kue Jongkong:

  1. Bahan GULA : campur jadi satu. Bagikan pada beberapa mangkuk/ cup secukupnya. Sisihkan. Gak usah terlalu banyak masukin gula ya karena nanti akan mencair dan jadi banyak air gulanya. Ini saya kebanyakan letakinnya 😅 next time cukup ½ dari ini aja.
  2. Bahan HIJAU : campur jadi satu semuanya. Masak di atas api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan mendidih. Saat memasak, boleh sesekali diangkat dari api sambil terus diaduk agar jadi licin dan mulus adonannya. Tanda mendidih yaitu ada gelembung udara di adonan. Matikan api, SEGERA TUANG ke tiap cup, bagi rata. Gambar no 3 adalah air daun suji pandan (daun suji + daun pandan diblender lalu saring).
  3. Bahan PUTIH : campur jadi satu semuanya, masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan ada gelembung udara sedikit, sesekali boleh diangkat dari atas api sambik terus diaduk agar jadi adonan yang licin dan mulus. Panas-panas langsung tuang ke atas lapisan hijau..
  4. Biarkan hingga dingin. Kemudian masukkan kulkas. Enak dimakan saat dingin 😋 gampang kan 😘.
  5. Bagiku untuk lapisan putihnya kalau dimakan sendiri agak keasinan ya tapi kalau dimakan bareng lapisan hijau dan gula jadi pas aja, gurih 😁 jadi next time bikin garam untuk lapisan putihnya aku coba kurangin ¼ sdt deh biar gak terlalu asin di lidahku 😊.
Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Mudah bukan membuat kue jongkong? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

LihatTutupKomentar